Gak punya Asisten Rumah Tangga?? Gak masalah!!!!

Halo.. Jam di iphone 21.13.

Ini hari selasa dengan cuaca dari pagi sampai malam yang mendung, cuaca dingin membuat diriku berselimut di atas tempat tidur yang hanya keluar dari selimut jika panggilan alam datang. Okeeeh itu hanya intermezzo.

Sudah hampir sebulan kami gak punya asisten rumah tangga (kata 'pembantu kurang enak di dengar yah) kami manggilnya sopan dengan gelar 'ibuk', krna Ibu yg melahirkan saya gk mengajarkan kami manggil orang yg kerja di rumah seperti yg ditipi tipi itu (mbok, bik, etc) 
Udah hampir 3 tahunan ibuk itu kerja dirumah, yah karena dasarnya dirumah yg kerja dianggap saudara jadi kami dengan gampangnya dekat sama mereka. 

Ibuk itu berhenti dengan alasan.. Gak ada alasan sih, sebenarnya ada masalah yg gk bisa di samain lgi presepsinya dengan bos cewek. Jadi ya, doi berhenti gitu aja tanpa pamit. 

Alhasil, ibu saya yg kesal sekali, mutusi gak pakai ART lagi. Duuuuaaaaar sambar geledek berbunyi di telinga saya (mungkin di uni juga), ibu mutusi hanya memanggil tukang setrika pakaian yg datang 3xsehari. Dan taulah, yg kerja bersih" rumah ya saya sama uni jadinya. Si Rizky? Jangan tanya, dia hanya bantu doa, itupun kalau ingat. Hhahahaa.

Hari pertama ibuk itu berhenti, kami kira dia libur sakit atau apa gitu yg sifatnya temporary gitu, tenyata setelah beberpa hari dia nelpon bg ipan untuk bilang dia gk kerja lagi dan kerja ngurus anak kecil di rumah orang yg -maaf- beda agama sama dia. Yah, itu urusan dia, dan sekarang ini certa saya yg mendadak dari bagaikan putri salju yg tiap hari bernyanyi bersenang senang bersama burung burung dan hewan lainnya berubah menjadi cinderella sang upik abu yang menanti pangeran charming datang dengan sepatu kaca. Halah! Dongeng di ingat..

Jadi, awal ART itu resmi keluar, ada kak eka di rumah. Kak eka ini punya kelebihan membersihkan rumah plus menyetrika yang tiada duanya, semua beres dan memuaskan. Alhasil, saya diajarinya cara menyapu dan mengepel yang oke, khusus untuk saya. Untuk anak gadis paling bungsu di rumah yg semuanya terima oke, ini menjadi perubahan besar hidup saya. -bukan sombong ya, dari saya kecil, saya gak pernah kerja di rmh, paling jatuh cuci piring itu pun paling sering cuma nyusun ke lemari aja-. 

Saya jadi bergantian sama uni (kalau saya masuk siang ke kampus dan libur) uni nyapu beresi rumah, saya mengepel dan menjemur pakaian plus bersihin kamar mandi. Nyuci baju? Itu kerjaan ibu saya karena cuma pincit pincit tombol di mesin cuci. Tapi kalau saya masuk dari pagi pulang sampai sore bangeet, semua kerjaan di serahi ke uni, ohohoo.. 

Tapi, setelah saya ikutan beresi rumah, dalam artian lebih care sama rumah -kalau dulu, pulang kuliah, mandi makan tidur, gak keluar" dari kamar kecuali ada yg mau diliat di tipi atau diajak keluar.- sekarang saya tau letak barang dirumah, ikutan nyusun pernah pernik, misalnya ditanya tau di simpan dimana. Kalau dulu? Sampai berantam pun saya gak mau tau kecuali yg saya susun sendiri. 

Dan yang lebih fantastisnya dan buat kami (saya dan uni) bangga, rumah lebih bersih dari pas di pegang ART. Ah, sok kali ya kan. Tapi betul lah we, pas rumah di bersihi ART, kami bolak balek cuci kali karena lantai legket lengket atau tapak kaki kami yg putih bak pantat bayi jadi jorok cem main tanah, sekarang? Kaki kami bersih sih sih siiiih, hemat air jadinya. 

Ibu saya kerja apa? Ga usah di tanya. Doi cuma merintah aja sambil ngerap. Yah maklumlah, ibu pagi subuh udah masak untuk rumah makan, jam setengah 8 cabot ke kantornya, kapan sempat bersihi rumah kan? Cerita punya cerita, pas diskusi sama kak eka dan uni di habis magrib, terbongkarlah certa kalau ibu saya gak pandai bersiihi rumah. Karna menurut cerita, ibu itu laksana saya. Karna nenek punya rumah yg ramai selalu dengan banyak anak angkatnya, jadi rumah mereka dulu punya banyak ART dengan tugas masing-masing. Jadi ibu saya gk pernah bersihi rumahnya dan dia sibuk dari kecil dgn hobi masak dan berdagangnya sampai sekarang. Wajarlah yakan, ibu dikasih tugas pincit pincit mesin cuci aja. 

Oke, manfaat dari gak punya ART lagi, saya jadi tau pekejaan rumah yg dulunya saya gak tau, dan rumah lebih terjaga. Oh iya, saya ada beberapa saran dan kiat untuk anak seperti saya yg baru mulai bantui bersihi rumahnya.

1. Saat bersihi rumah, pas mau nyapu sediain kain lap yg di basahi pakai air lalu di peras sampai lembab. Kain itu digunai untuk ilap ilap kaca, meja, kayu bangku,atas tipi yang berdebu. Cara yg sama untuk jendela kaca ya. Kalau bisa, sebelum nyapu, beresi dulu yg ini. 

2. Pas nyapu, sebisa mungkin mengenai lantai sedikit di tekan dan di sapu dengan arah mundur. Perhatikan juga sudut" dindng, banyak debu disana.

3. Pas mengepel, peras kuat" kain pelnya, biar lantai gak becek dan lebih cepat kering. Pas ngepel, di sudut" dinding juga di pel, krna disana biasanya ada kayak kerak" giti. Ngepelnya di tekan dan digosok. 

4. Untuk bersihi kamar mandi yg berkeramik, dari pada pakai sejenis wipol tau cairan pembersih kamar mandi dengan bauk menyegat dan buat tangan terkelupas (;_;) lebih baik pakai sabun (sabun telepon krim bagus) atau pembersih lantai aja,. Cairan itu di satukan dengan air, lalu pakai cairan itu di gosok dinding" pakai beros, bilas sampai bersih. Karna, pakai sbun lebih bersih. 

5. Menjemur pakaian, pertama di pisahi dulu antara baju, celana, baju dalam, kain kainan (sprei,sarung,etc) lalu mulailah menjemur kain kainan di jemuran paling luar, setelah itu jemur celana celana yg lama keringnya,. Abis itu jgn jemur baju dulu, tapi jemur pkaian dlam. Susunannya kelang" satu atau dua di anger bulat itu (taukan yg mana?) . Lalu liat, di susunan pakaian itu, kaos kaos, kain" kecil, kaos kaki, celana pendek jenis kain yg gampang kering, masukan ke satu satu tempat kelangan itu. Lalu, pakaian yg berkancing depan atau baju baguslah (dres, blazer,kemeja,) di jemur pakai hanger, boleh juga di jemut di tali cucian juga. Intiny, pakaian yg lama keringnya taruh paling luarn yg terkena matahai lalu yg paling dalam yg gampang kering, ini supaya kering merata dan gak lembab gitu pakaian. 

Oke, sampai sini dulu. Selamat bersih bersih rumah. Gak ada ART, kita juga bisa kerja kok. 

2 komentar: