Hari ketiga jalan-jalan (wisata alam Jogja ) 1 Desember 2012

Jam di hape 8.42 pm .. nah, setelah naik kereta api tuttuttut dari bandung ke jogja, sampailah kami di jogja pukul 3an atau 4 kurangan. Jam 4 pagila kira kasar. setelah menyadarkan diri, kereta berhenti, berbondong-bondong uni, kak eka sama bang putra membawa koper yang di taruh di bagasi atas, dan turunlah kami.. lalu kami mencari tempat duduk terdekat dan duduk dulu sambil menunggu sepinya toilet. Yah, kami ganti baju dan lainnya.
    setelah selesai, sambil nunggu lihat-lihat pemandangan stasiun, dan setelah lihat jam baru setengah 5 pagi. dan keadaannya seperti jam setengah 7 pagi di Binjai..
ini jam setengah 5 pagi di Jogja..
      Lalu, setengah enam,karna janjian sama travel jam 6, kami keluar dari stasiun dan disini terjadi suatu masalah. Kami heran kok pintu keluarnya agak sedikit diluar perkiraan gak sama seperti dilihat di mbah gugel. Singkat cerita kami keluar dari pintu selatan katanya, itu pun tahunya pas nanya petugas kamar mandi. Ketawa deh ngekeh sama kak eka sambil heboh nyari handphone mau ngabarin yang nunggu diluar kalau salah tempaat janjian ma travelnya. Akhirnya travelnya di telpon lalu kami menunggu jemputan mutar. ketawa   lagi.
      Nah, setelah naik ke mobil, lalu kami mau makan. lapaaaar beud. kata si supir travel kalo pagi jam 6 adanya gudeg.. akhirnya kami setuju makan gudeg. Kaami makan gudeg di daerah keraton. katanya, didaerah itu masih punya keraton, tapi diberikan hak pakai untuk masyarakat yang mau berusaha.

ini gudeg
    sekilas lihat gudeg cem ayam rendang. tapi harumnya cem harum rempah-rempah gitu. yah, pas dimakan, sepertinya untuk orang minang agak tidak cocok. manis kali loo.. akhirnya, saya hanya sedikit menyentuh gudeg. maaf ya ibu yang membuatnya.
     Lalu setelah makan dan bayar, akhirnya kami keluar. dan diputuskan kami akan ke prambanan. karna kata si supir, itu lumayan dekat. oke... setuju.. kami jalan ke prambanan yang di hiasi tidur di mobil. Jelas saja, tidur di kereta api tadi kan kurang nyenyak.
     Nah, sampai ke prambanan jam 7 lewatan. candinya buka dari pukul 6 atau 7 an, jadi lebih cepat datang lebih nyaman, karna masih sepi, kak eka beli tiket dan kami masuk ke komplek candi. Luas kali loh kompleknya. Saya memutuskan untuk menitipkan tas ke penitipan. biar lebiih nyaman jalannya. Lalu kami masuk dan jalan. oia, disini ada memakai batik gitu, pas saya tanya kenapa, kata mbak-mbaknya untuk melestarikan batik.
Peta komplek Candi

Nah, jalan deh ke candi. oke, segar kali lo jalan di daerah sejuk cem disini. saya tidak tau banyak tentang candi, tapi saya suka ukiran-ukiran di candi,.

Nah, di prambanan panas bangeeet.. jaadi kalau kesini jangan lupa pakai baju yang nyaman ya. sepatu yang ringan, dan jangan lupa bawa minum daripada dehidrasi. Nah, di sini kami sampai jam 10an. lalu setelah  ambil tas, kami pergi ke keraton.
      Di keraton suasananya tradisional modern kali. keratonnya daerahnya masih di jaga kali ke asliannya.nah di keraton kami pergi ke museum kereta kencana, ke keraton tempat museum baju-baju prajurit, dan ke keraton tempat tinggal Sultan. becak disini,kami kira di dayung, karna dengar harganya 5ribu mutar-mutar jadi agak kasian jugakan, capek, pas kami naek, terdengar suara motor dan, ternyata tidak di dayung, hanya sesekali di dayung. Pas di Museum Kereta Kencana,jangan lupa siapin uang masuknya, murah kok, udah sama guide lagi, kamera juga bayar ya izin memoto.  bapak guide nya lancar kali menjelaskan satu-satu  kereta. dan salutnya, mereka tidak mematok harga,malah gk dibayar jga gk papa, tapi ya pengertian donk. karna, yang saya dengar, mereka mau melestarikan sejarah. uwaaaaw banget dah. salut.
      Pengennya sih menjelajahi semuuaaaaaaaa pintu yang terbuka di keraton (ada tempat-tempat tertentu yang tidak terbuka untuk umum) tapi waktu, perut dan cuacaa kami memutuskan untuk makan dan check in ke hotel. jadi, kira-kira kami di daerah keraton dari museum kereta sampai ke hotel yah, sekitar 3 jaman jugala. nah, bayangin pegelnya kaki. tapi puaaaas lo, capeknya gak sia-sia. .. oia, di  dalam keraton ini benda-benda yang dipakai Sultan, dari sekecil-kecilnya pun ada disini. Saya salut sama keraton yang masih menjaga barang-barang tersebut. Pokoknya saluuut kali ma keraton. dan kalau ada tulisan, dilarang di pegang,gak ada yang megang lo. patuh kali para wisatawan termasuk kami.
      Nah, disini kami gak pakai guide. dan pas curi-curi dengar guide menjelasin, disini kami agak sedikit terkejut karena guidenya pakai berbagai bahasa untuk menjelaskan, bukan bahasa inggris aja lo..

Nah, dari kerton kami istirahat 2 jam di hotel. hotelnya masih baru dan saya rasa kamar yang kami tempatin masih kami yang makai pertama kali. oke, kami bahagia disini. jam 4tan kami jalan lagi ke Pantai Parantritis. Dan disini katanya gak bole pakai baju hijau, tapi pas nyampe ada beberapa orang yang pakai baju ijo. oia, pantainya bersiiih kali looo... bagus baguuus...
Pantai Parangtritis
     Di Jogja harinya panjang lo. Jam setengah 5 pagi aja udah terang, tapi jam 5 sore masih terang. agak gelapnya jam-jam setengah 6man, sama cem di Binjai. Nah, dari sini, kami ke Malioboro.. yeeei...agak gerimis pas kami sampai, udah gelap lagi. supir bilang kalau malam ini ada acara kabaret show yang   menampilkan banci-banci yang nari sambil nyanyi lipsing gitu. Kami tidak berencana nonton, tapi cuma lihat-lihat pemandangan malioboro. rencananya gak belanja, cuma lihat-lihat aja, soalnya belanja itu besok sebelum ke stasiun. tapi,apa mau di kata, mata tidak bisa kompromi dengan dompet. baru masuk jalan aja, mata saya nangkap kalung-kalung lucu dan keluarla isi dompet, lumayan untuk oleh-oleh untuk anak kampus. harganya pas di kantung. mumeeer loh.
    Nah, kami masuk ke toko, yang paling besar la di malioboro saya rasa. dia jual dari batik, kesenian, teh, patung, banyak dah... toko terkenal katanya di Jogja. Nah, pas masuk toko, ramai bangeeet....sama ramenya cem diluar toko. Pas kak eka heboh liat batik, kami dengar dari pengeras suara di toko, kami dnegar kalau ada kabaret show, kami cuek. pas liat orang pada naik ke atas toko, kami penasaran dan naik ke atas. hahahaa, kami gak taulo kalau disitu yang ada kabaret. rejeki memang gak kemana.
   setelah bayar, kami masuk ke tempat pertunjukkan. dan gileee beneeer. ramai kali... penuh semua tempat. Beruntungnya, kami di kasih tempat yang bagus sama pelayannya. beruntung.. yeeei.. kami wisatawan yang beruntung.. Nah, sekilas liat, banci-bancinya cewek lo, cantik kali. dan mereka nari, lipsing bagus kali cem aslinya. pertunjukkan tak terlupakan karna heboh..
      Kami keluar dari kabaret pukul 9 nan malam dan lanjut makan di jalan. kali ini, walau manis, tetap di makan. lapaaar.. tapi ya enak juga, cabenya manis-manis pedas gitu karna ada kecapnya. Jalan lagi habis makan sambil belanja kecil-kecilan, nyicil untuk besok. kami jalan menuju nama jalan Malioboro. Nah, setelah kami poto, gak lama hujan, dan kami yang rencananya mau naik andong jadi naik taxi. segitu hari ketiga yang panjang.. love banget sama Jogja...