Nasi goreng

Malam ini sendiri di rumah.. Jam udah nunjukin waktu makan malam.. Liat isi tudung, gk selera.. Akhirnya masak nasi goreng.
Nasi goreng saya lebih terasa terasi karena masaknya pakai terasi yg banyak.. Jujur aja, nasi goreng saya gk terlalu enak seperti nasi goreng yan jadi bontot pas ke undangan ulang tahun anak kecil. Apalagi nasi goreng buata ibu .. Lewaaat... Malah gk terasa garam di nasi goreng saya.. 

Aaah.. Saya frustasi buat nasi goreng. Eh. Sebenarnya saya frustasi masak.. Kadang rasanya enak tapi bentuknya aneh, kadang bentuknya meyakinkan rasanya gaj enak.. Kalau buat bolu malah bolu saya bantet dan gk terasa manis.. Kadang ngerasa aneh, saya wanita tapi gk pande masak.

Oke, kembali ke nasi goreng ala saya. Rasanya biasa aja, malah pas di perut jadi pedas, padahal di lidah gk terasa pedas, ingat ingat, saya masukin lada banyak di bumbunya. Wajar ya.. Hahaha. 

Resep saya gk pakai itung itungan.. Semua sesuai selera. Karena, saya bingung kalau ngtungnya , 250ml, 50 gram. Apalah itu, capek ngitung dari pada masaknya.. 
Jadi pakai resep kak eka yg gak pakai itungan.. Karena dirumah semuanya udah digiling, jadi takarannya sendokmakan., yaitu
2sdm bawang merah giling
1/2sdm bawang putih giling
3 sdm cabe merah giling.
Terasi setengah bungkus, 
Kecap hitam manis
Ayam siwir terserah mau berapa banyak
Garam 
Lada
Nasi putih..
Minyak makan

Masaknya, 
Panasin minyak di wajan, udah setengah panas, masukin ayam siwir, supaya minyaknya ada rasa ayamnya gitu.
Udah panas minyak dan ayamnya, masuki bawang bawangan. Tumis sampai halus tapi jangan gosong. Udah wangi tu bawang, masukin cabe dan terasi. Kalau bisa terasinya di giling dulu biar nnti gk mengumpal. Abis itu masukin kecap, jgn terlalu banyak, lalu garam. Aduk aduk, rasa dikit, udah pas? Kalau udah masukin nasi. Terserah nasinya, asalkan sesuai sama bumbunya. Eh awas bumbunya gosong, jadi jgn terlalu lama di aduk. Lalu masukin pemanisnya, kayak cabe yang diiris, cabe rawit, daun daunan (biasanya pakai daun sop alias seledri) . Kalau disini apinya kecil aja, habis itu selesai deeeh... 
Pelengkapnya buat aja telur dadar.. 

Dan, bim salabiiiim nasi goreng saya lumayan dan bentuknya saya suka saya suka.. Nih potonya.. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar