Pulang Kampung (Pesisir Selatan)

Ni Hao… Ulan here.
Jadi, karena Ulan ulangtahun dihari kedua lebaran, merengeklah diriku agar lebaran kali ini ayah dan ibu tidak pulangkampung berdua lagi, tapi barengan pulang kampung sama kami. 
Akhirnya, kami bertiga (Ulan Uni Iki) memutuskan untuk “berlibur ke rumah nenek” di Sumatera Barat, tepatnya di Pesisir Selatan.  Kebetulan juga, kak Eka mau menghadiri ulangtahun instansinya di daerah dinas suaminya di Solok Selatan (nanti ulan cerita juga tentang Solok Selatan).
Singkat cerita, 20 Juli 2016 kami berempat plus si bayi yang udah mulai gedek (Khalila) berangkatlah ke Padang.

Sampai di Padang, setelah makan siang rangkap pagi kami berpisah dengan kak Eka yang akan berangkat ke Solok Selatan. Dan, berangkatlah kami ke Pesisir Selatan.
Pesisir Selatan merupakan kabupaten di Sumatera Barat. Kalau ke ibukota Kabupatennya (Painan) memakan waktu dari Kota Padang itu  sekitar 2,5 jam. Tapi, ke kampung nenek hanya perlu 1,5 jam dari Padang karena rumah Nenek berada di Kecamatan Koto XI.
Perjalanannya tidak akan membosankan, Ulan jamin! Karena, mata akan disuguhkan dengan birunya laut  dan hijaunya hamparan sawah (kalau sawahnya lagi hijau ya, kalau lagi kuning ya kuningnya hamparan sawah). 
Kamu akan terkejut mengetahui halaman belakang rumah penduduk adalah laut dengan ombak putih yang beriringan dan halaman depannya adalah sawah. Kalau beruntung, kamu akan bertemu lembu yang sedang di gembala berjalan beriringan, dan kamu akan kesusahan memotong jalan mereka.



Lapar? Banyak rumah makan yang menyajikan masakan khas minang di pinggir jalan, dan kalau beruntung kamu akan menemukan rumah makan dengan menu khas Gulai Kepala ikan kakap yang sangat nikmat.
Meninggalkan pemandangan indah ini, kamu akan berjalan menembus gunung-gunung. Walau sedang berada di gunung, tidak akan bosan karena kamu akan bertemu air terjun yang akan membentuk sungai dengan bebatuan besar. Melihatnya, kamu akan ingin menceburkan diri dan mandi di sungai seperti bidadari Nawang Wulan di kisah Jaka Tarub.

Nah, begitulah gambaran perjalanan ke rumah Nenek. 

Next part 2 ya. 
suka postingan ini? Like dan Komen ya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar